Kamis, 18 Februari 2016

Bahayanya Kurang Tidur

Anda tidak akan percaya bahwa bahaya akibat kurang tidur sangat mematikan di berbagai sisi baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidur merupakan kebutuhan wajib semua orang dan semua usia. Bayi yang baru dilahirkan memiliki kebutuhan tidur yang lebih banyak, sementara orang dewasa dan lanjut usia paling tidak bisa tidur selama kurang lebih tujuh hingga delapan jam. Namun terkadang orang dewasa dan lanjut usia tidak bisa memenuhi kebutuhan tidur. Ada berbagai sebab yang sangat berbeda-beda mulai dari aktifitas pekerjaan dan kondisi psikologis. Masalahnya adalah ternyata tidur memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya adalah seperti tidur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatur metabolisme, meningkatkan produkstivitas dan berbagai manfaat lain.
Tapi ternyata kebiasan kurang tidur bisa menyebabkan bahaya yang tidak pernah kita duga. Berikut ini adalah beberapa masalah dan bahaya akibat kurang tidur.
1.     Gangguan Kemampuan Belajar
Bagi pelajar dan mahasiswa atau semua orang yang menjalankan sedang menjalani program studi maka kurang tidur bisa menyebabkan kurangnya kemampuan kognitif. Hal ini disebabkan karena kurang tidur akan membuat otak kurang konsentrasi, tidak bisa memiliki ingatan yang baik, tidak bisa menggunakan nalar dengan baik dan sulit untuk menemukan solusi masalah. Bagi orang yang sedang menjalani studi maka akibatnya bisa sangat komplek seperti penundaan kelulusan dan penurunan prestasi. Tidur bisa membuat otak mengalami proses yang menyenangkan seperti meningkatkan kekuatan ingatan dan menyimpan memori.
2.     Kecelakaan Lalu Lintas
Mengantuk karena kurang tidur sering menjadi salah satu masalah penyebab kecelakaan lalu lintas. Masalah ini sering kita jumpai seperti pada kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Mengantuk saat menyetir biasanya memberikan efek halusinasi, terbang dan perasaan was-was yang sangat rendah.Dampaknya bisa sangat besar karena membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain sesame pengguna jalan. Jadi pastikan Anda tidur cukup sebelum menyetir jarak jauh maupun jarak dekat.
3.     Menurunkan Tingkat Libido
Bagi pasangan yang sudah menikah, maka kurang tidur bisa menyebabkan masalah libido rendah yang sangat berat. Kondisi ini bisa disebabkan karena tubuh kurang energi yang cukup, perasaan mengantuk yang sulit untuk ditahan dan masalah gangguan kesehatan pada pria seperti impotensi dan ejakulasi dini.
4.     Menurunkan Kadar Testosteron pada Pria
Pria yang memiliki kebiasaan begadang atau aktifitas lain yang menyebabkan tubuh kurang tidur juga akan terancam memiliki kadar testosteron yang sangat rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan seorang pria memiliki tingkat kesuburan yang sangat rendah serta tingkat keinginan seksual yang rendah. Dampaknya tentu sangat berbahaya karena keseimbangan hormon akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh. Terapi hormon bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini namun tentu ada efek samping yang tidak Anda harapkan.
5.     Depresi
Kurang tidur karena berbagai sebab juga bisa menyebabkan depresi yang sangat berat. Hal ini paling sering terjadi pada orang yang memiliki kebiasan hanya tidur selama kurang dari enam jam perhari. Gejala yang paling sering di temukan adalah seperti rasa cemas berlebihan, menjadi lebih sensitive, mudah tersinggung dan kondisi badan yang kurang sehat. Depresi bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit termasuk jantung dan kanker.


0 komentar:

Posting Komentar